Laman

Tuesday, June 6, 2017

Cara Mengetahui kerusakan AKI


  • Tidak bisa menyimpan arus minimal 24 jam
  • Dipakai untuk stater 2 kali sudah habis arus 
  • Elemen pada aki sudah banyak yang berwarna putih
  • Disetrum pakai alat setrum hanya mampu untuk sekali atau 2 kali stater

Kerusakan yang pernah di alami pada Mesin Toyota Twincam 89

  • Suara Mesin Berisik
  • Platina mengalami keausan seiring pemakaian
  • Kabel busi bocor 
  • Aki tekor
  • Oli bocor
  • Dinamo Ampere jebol 
  • Reck End oblak
  • Tierod Oblak
  • Ban Mereng sebelah sudah tidak tegak
  • Ball Joint rusak
  • Karburator tidak bekerja maksimal
  • Knalpot bocor
  • Mengeluarkan asap atau bau tidak sedap menyengat
  • Ban limbung body terasa goyang
  • Casces keropos
  • Wiper tidak bekerja
  • Selang air pembersih kaca mampet
  • Susah di stater
  • Selang vakum lepas
  • Lampu indikator oli mati
  • Lampu indikator pengisian nyala
  • Lampu dekat mati lampu jauh saja yang hisup
  • Radiator bocor
  • Selang radiator lonyot 
  • Lampu rem lampu reteng mati

Mengetahui Posisi TOP 1 dan 4 Piston berdasar praktek sendiri


 


Posisi TOP 1 pada Mesin di tandai dengan :

  1. Putar Puly sesuai Type mesin 1e atau 2e paskan /luruskan pada titik atau lubang lihat ada tanda titik ( apabila timmingbelt masih terpasang/streng)
  2. Posisi Piston no 1 berada pada titik atas .( arah kabel busi paling panjang)
  3. Bila di cek bisa dengan menggunakan alat drei atau obeng  masukkan pada busi no 1 dengan cara busi dilepas dahulu maka obeng akan menyentuh bagian atas piston .
  4. Apabila tutup mesin di lepas maka beberapa klep ada yang renggang atau bila disentuh bisa di gerakkan dalam arti posisi klep menutup rapat.
Posisi TOP 4 pada mesin di tandai dengan :
  1. Putar setengah putaran lagi puly ( apabila timmingbelt masih terpasang/streng)
  2. Posisi Piston no 4 berada pada titik atas .( arah kabel busi paling pendek )
  3. Bila di cek bisa dengan menggunakan alat drei atau obeng  masukkan pada busi no 4 dengan cara busi dilepas dahulu maka obeng akan menyentuh bagian atas piston .
  4. Apabila tutup mesin di lepas maka beberapa klep ada yang renggang atau bila disentuh bisa di gerakkan dalam arti posisi klep menutup rapat.



Demikian semoga bermanfaat.(atasi mesin mobil punya sendiri)